Tuesday, November 2, 2010

Perkembangan Hebat Pada Anak Ketika Dikenalkan Pada Musik

Seorang anak yang terbiasa mendengarkan musik sejak kecil akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan kecerdasan mereka, dibandingkan dengan anak-anak yang jarang mendengarkan musik.
Yang dimaksud dengan musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada nada biasa, bukan nada "miring". Tingkat disiplin anak-anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik daripada anak yang jarang mendengarkan musik.
Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik mengatakan, "Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga musik klasik memainkan peran utama dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, dan bahkan daging manusia."
Penelitian menunjukkan, musik klasik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada nada tinggi dan rendah akan merangsang kuadran C pada otak anak sampai usia 4, kuadran B dan C pada otak anak-anak akan tumbuh hingga 80% dengan musik.
"Musik sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Musik memiliki 3 bagian penting dari beat, ritme, dan harmony", ujar Ev. Andrew Christanday dalam sebuah kuliah musik. "Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh."
Contoh paling jelas yang mengalahkan sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock. Tentu tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tidak bergerak tubuh mereka. Semuanya bergoyang dengan dahsyat, dan bahkan cenderung tidak terkendali. Kita masih ingat dengan "head banger", suatu gerakan memutar-mutar kepala mengikuti irama musik rock keras. Dan tubuh adalah mengikuti gerakan seolah-olah tanpa merasa lelah.
Jika hati kita keras, cobalah untuk mendengarkan musik yang indah, yang memiliki irama (ritme) yang teratur. Perasaan kita akan lebih nyaman dan mudah. Bahkan di luar negeri, pihak rumah sakit membuat sendiri lagu lebih indah untuk membantu proses penyembuhan pasien. Itu adalah bukti, bahwa ritme sangat mempengaruhi jiwa manusia.
Sementara sangat mempengaruhi semangat harmoni. Jika kita menonton film horor, selalu terdengar harmoni (melodi), yang menyayat hati, yang membuat kita berdiri dingin. Dalam ritual keagamaan juga banyak digunakan harmoni yang membawa roh manusia ke dalam penyembahan alam. Dalam meditasi, orang-orang mendengar harmoni dari suara-suara alam di sekeliling mereka.
"Musik yang baik bagi kehidupan manusia adalah keseimbangan antara irama musik, memukul, dan harmoni", ujar Ev. Andrew Christanday.
Sebuah biofisika telah melakukan suatu percobaan tentang pengaruh musik untuk hidup. Dua tanaman dari jenis yang sama dan usia ditempatkan di tempat yang berbeda. Salah satunya ditempatkan dekat dengan speaker (speaker) yang menyajikan lagu-lagu rock lambat dan heavy rock, sedangkan tanaman lainnya diletakkan dekat dengan speaker yang menayangkan lagu-lagu yang indah dan berirama teratur.
Dalam beberapa hari ada perbedaan yang sangat mencolok. Tanaman dekat speaker lagu-lagu rock menjadi layu dan mati, sedangkan tanaman di dekat speaker lagu-lagu indah tumbuh segar dan mekar. Ini adalah bukti bahwa musik sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup.
Sehubungan dengan musik, maka alam semesta diciptakan oleh alam musik yang sangat indah. Gemuruh ombak di laut, deru angin di pegunungan, dan hujan sangat musik alam yang indah. Dan telah terbukti, bagaimana pengaruh musik alam untuk kehidupan manusia.
Oleh karena itu, coba, "jika Anda merasa begitu berat hari ini, maka periksa lagi untuk kedua kalinya hidup Anda Mungkin, hari ini Anda tidak mendengarkan musik dan bernyanyi.."
Hanya Untuk Diketahui:
Pengaruh Permainan pada Perkembangan Anak
Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh kesenangan, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Ada orang tua yang berpendapat bahwa anak-anak yang terlalu banyak bermain akan membuat anak menjadi malas bekerja dan bodoh. Pendapat ini tidak begitu tepat dan bijaksana, karena beberapa psikolog mengatakan bahwa permainan ini pengaruh yang sangat besar pada perkembangan mental anak.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permainan anak:

    
* Kesehatan Anak Sehat yang memiliki banyak energi untuk bermain dibandingkan dengan anak-anak yang kurang sehat, anak-anak agar sehat yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain yang membutuhkan banyak energi.
    
* Intelligensi anak-anak yang cerdas lebih aktif dibandingkan dengan anak-anak yang kurang cerdas. Anak-anak yang lebih suka permainanpermainan cerdas intelektual atau permainan yang banyak merangsang pemikiran, seperti bermain drama, menonton film, atau membaca bacaan-bacaan yang intelektual.
    
Girls Sex * lebih sedikit melakukan permainan yang menghabiskan banyak energi, seperti memanjat, berlari, atau aktivitas fisik lainnya. Perbedaan ini tidak berarti bahwa anak perempuan kurang sehat dibanding anak laki-laki, melainkan pandangan masyarakat bahwa anak gadis harus bersikap lembut dan halus.
    
* - Lingkungan Anak-anak dibesarkan di lingkungan yang kurang menyediakan peralatan, waktu, dan ruang bermain untuk anak-anak, akan menyebabkan penurunan aktivitas anak-anak bermain.
    
* Status anak sosial-ekonomi yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga status sosial ekonomi tinggi, lebih banyak tersedia alat-alat permainan yang lengkap dibandingkan dengan anak-anak dibesarkan dalam keluarga status ekonomi yang rendah.


Pengaruh bermain untuk perkembangan anak:

    
* ¨ Bermain mempengaruhi perkembangan fisik anak-anak
    
* · Play dapat digunakan sebagai terapi
    
* ¨ Bermain dapat mempengaruhi dan meningkatkan pengetahuan anak
    
* ¨ Bermain mempengaruhi perkembangan kreativitas anak
    
* ¨ Bermain untuk mengembangkan perilaku sosial anak
    
* ¨ Bermain dapat mempengaruhi nilai moral anak-anak.


Berbagai macam permainan dan manfaatnya bagi perkembangan mental anak-anak:
A. Permainan Aktif

   
1. Gratis dan bermain spontan Dalam permainan ini anak dapat melakukan apa yang dia inginkan, tidak ada aturan dalam permainan. Anak-anak akan terus bermain game selama pertandingan yang menciptakan menyenangkan dan anak akan berhenti ketika permainan itu tidak menyenangkan. Dalam permainan ini anak untuk eksperimen atau menyelidiki, mencoba, dan mencari tahu hal-hal baru.
   
2. Dimainkan Dalam permainan ini, anak-anak memainkan peran, meniru karakter mengagumkan dalam kehidupan nyata, atau dalam media massa.
   
3. Bermain musik Bermain musik dapat mendorong anak untuk mengembangkan perilaku sosial mereka, yaitu dengan bekerja dengan teman sebayanya dalam memproduksi musik, menyanyi, atau memainkan alat musik.
   
4. Mengumpulkan atau mengoleksi sesuatu Kegiatan ini sering menimbulkan rasa bangga, karena anak mempunyai koleksi lebih dari teman. Di samping itu, mengumpulkan benda-benda dapat mempengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial anak. Anak-anak didorong untuk bersikap jujur, bekerja sama, dan bersaing.
   
5. Dalam sebuah permainan permainan olahraga olahraga, anak-anak menggunakan banyak energi fisik, pembangunan fisik yang besar. Selain itu, ini mendorong sosialisasi anak-anak untuk belajar bersosialisasi, bekerja sama, memainkan peran kepemimpinan, dan menilai diri mereka sendiri dan kemampuan mereka dalam realistis dan adil.

B. Permainan Pasif

   
1. Membaca Membaca merupakan kegiatan yang sehat. Membaca akan memperluas wawasan dan pengetahuan anak, sehingga anak harus mengembangkan kreativitas dan kecerdasan.
   
2. Mendengarkan radio Mendengarkan radio dapat mempengaruhi anak baik secara positif maupun negatif. Pengaruh positif dari anak-anak akan meningkatkan pengetahuan mereka, sedangkan efek negatif adalah jika anak-anak meniru hal-hal yang disiarkan di radio seperti kekerasan, kriminalitas, atau hal-hal negatif lainnya.
   
3. Pengaruh televisi menonton televisi sama seperti mendengarkan radio, baik pengaruh positif atau negatif. 


Sumber : http://hubpages.com/hub/Effect-Of-Music-On-Children

No comments:

Post a Comment